Laman

12 September 2012

B1A4


B1A4 (비원에이포) adalah grup musik yang berbasis di Korea Selatan dibawah label WM Entertainment. Terdiri dari: leader Jinyoung, rapper Baro, vokal utama Sandeul, vokal and sub-rapper CNU, dan vokal Gongchan. Mereka debut pada tahun 2011 dengan merilis mini album berjudul Let's Fly dan dengan singel debut berjudul "OK", track rock dan lagu pop elektronik. Mereka pertama kali diperkenalkan ke publik melalui "webtoon".

Nama B1A4, berhubungan dengan golongan darah setiap member. Jinyoung, CNU, Sandeul dan Gongchan yang bergolong darah A dan Baro bergolong darah B, maka angka 1 dan 4 untuk membuat nama grup "B1A4". "Be the one, all for one" ini penjelasan lain tentang arti nama kelompok.

B1A4 memiliki beberapa julukan, salah satunya adalah "countryside-dols" (countryside idols). Media Korea sering menggunakan nama panggilan ini karena fakta bahwa semua anggota B1A4 berasal dari daerah pedesaan yaitu Jinyoung dari Chungju, Chungcheongbuk-do; CNU dari Cheongju, Chungcheongbuk-do; Sandeul dari Busan, Baro dari Kwangju, Jeollanam-do; dan Gongchan dari Suncheon, Jeollanam-do. Mereka juga disebut sebagai "blood-dols" (blood idols) terutama karena golongan darah anggota memainkan peran utama pada nama tim dan identitas, B1A4 juga dipromosikan julukan "saessakdol" (새싹돌, "sprout-dol") dan menciptakan apa yang disebut "saessakchum" (새싹춤, "tumbuh bergerak"), yang dipamerkan dalam berbagai pertunjukkan termasuk Quiz to Change the World.

Sebelum debut, grup ini sudah mendapat perhatian melalui teknik promosi yang unik dari label mereka, "WM Entertainment". Mereka dipromosikan sebagai "idola yang keluar dari sebuah komik atau webtoon" dan yang terakhir telah menerima respon yang panas untuk netizen lokal maupun internasional. Awalnya, mereka diyakini menjadi kelompok co-ed karena fakta bahwa dalam karakter web toon bernama "Anna" diperkenalkan. Ternyata kelompok ini terdiri dari 5 anggota yang semuanya laki-laki ketika foto anggota Jinyoung adalah yang pertama dirilis pada 10 April 2011 bersama dengan kisahnya di web toon. Foto Baro, Gongchan, Sandeul, dan CNU yang dirilis pada 11-14 April 2011 masing-masing bersama dengan ceritanya.

Mini album debut mereka, Let's Fly dirilis secara digital dan fisik pada 21 April 2011 bersama dengan video musik OK!. B1A4 melakukan debut pada 23 April di MBC Show! Music Core dan dianggap sebagai penampilan yang sukses meraih perhatian netizens. Debut stage berikutnya di Mnet M! Countdown, KBS Music Bank dan SBS Inkigayo pada tanggal 28 April, 29 April dan 1 Mei. Pada tanggal 1 Mei mereka memiliki siaran radio pertama di acara Park Gyungrim Starry Night Radio di MBC FM4U. Tanggal 18 Juni 2011, B1A4 mulai mempromosikan single "Only Learn The Bad Things" dari album yang sama.
Pada tanggal 31 Agustus, diumumkan bahwa B1A4 akan merilis mini album kedua pada bulan berikutnya. It's B1A4 dan video musik "Beautiful Target" dirilis pada 15 September. Mereka mulai mempromosikan album dengan tampil di KBS Music Bank, MBC Show! Music Core, SBS The Music Trend, dan Mnet M! Countdown. B1A4 mulai mempromosikan "My Love" pada tanggal 18 November 2011.

Di bawah Pony Canyon, kelompok ini merilis Let's Fly/It B1A4 Combo Album di Jepang pada 25 Januari. Sebelum melakukan debut di sana mereka mengadakan acara B1A4 - Japan Showcase Live 2011 di Sinagawa Stellar Ball, Tokyo pada 9 Desember 2011. Tiket untuk acara tersebut habis terjual dalam satu menit. B1A4 menampilkan sembilan lagu pada acara yang dihadiri oleh 1.000 orang. Pada akhir tahun, B1A4 memenangkan Rookie of the Year Award di Tower Records 'K-Pop Lovers! Awards 2011.

Mereka juga merilis lagu untuk OST drama Take Care of Us, Captain (부탁해요, 캡틴) berjudul "Sky". Mereka adalah kelompok rookie pertama dari 2011 untuk merilis satu OST yang digunakan sebagai judul lagu utama.

Pada tanggal 5 Maret, B1A4 merilis single digital "This Time Is Over" menjelang rilis album pertama mereka. B1A4 merilis Ignition dan single promosi "Baby I’m Sorry" pada tanggal 14 Maret, dan mereka mulai mempromosikan lagu di M! Countdown hari berikut, diikuti dengan pertunjukan di Music Bank , Show! Musik Core , dan Trend Music. Sebuah album repackaged berjudul Ignition : Special Edition, menampilkan single promosi "Bayi Good Night", dirilis pada 23 Mei.

Tanggal 27 Juni 2012, B1A4 merilis single "Beautiful Target" versi Jepang. Lagu ini langsung berada di posisi ke #4 di chart mingguan Oricon.

Pada tanggal 25 Juli, B1A4 mengambil bagian dalam reality show Hello Baby season 6, di mana mereka belajar untuk merawat anak-anak. Pada tanggal 29 Agustus, B1A4 merilis single Jepang keduanya "Oyasumi Good Night", yang juga debut di nomor empat di chart mingguan Oricon. Kemudian mereka merilis album Jepang pertama mereka pada tanggal 24 Oktober 2012; album ini memulai debutnya di nomor lima di chart mingguan Oricon.

Kemudian tanggal 12 November 2012, B1A4 kembali merilis mini album Korea, In The Wind. Mereka mulai melakukan promosi dengan lagu "Tried to Walk" di M! Countdown tanggal 15 November 2012.

Pada tanggal 12 Oktober WM Entertainment mengumumkan bahwa B1A4 akan menggelar konser solo pertama mereka, BABA B1A4. Konser ini akan diproduksi oleh WM Entertainment dan  CJ E & M global concert brand, M-Live dan penjualan tiket akan dimulai seminggu kemudian pada tanggal 18 Oktober 2012. Sebelum penjualan tiket dimulai, 75.000 orang berada di server menunggu untuk membeli tiket sehingga 8.000 tiket yang akan terjual habis dalam 5 menit begitu penjualan dibuka. Mulai tanggal 08-09 Desember 2012, B1A4 mengadakan konser solo pertama mereka BABA B1A4 di SK Olympic Handball Gymnasium.

Pada tanggal 7 Januari 2013, Asosiasi Industri Rekaman Jepang merilis daftar pemenang untuk 2013 Japan Gold Disc Awards di mana B1A4 memenangkan dua penghargaan. Pada bulan yang sama, BABA B1A4 diadakan di Jepang di dua kota dimulai pada tanggal 27 Januari sampai dengan 30 Januari yang terdiri dari 4 acara.

Pada tanggal 20 April, situs resmi B1A4 diperbarui dengan teaser foto misterius dengan kata-kata "이게 무슨 일 이야 2013/04/23?" Fans berspekulasi beberapa hal keluar dari teaser seperti comeback yang akan datang, sesuatu tentang peresmian fanclub kedua dan ulang tahun kedua mereka (yang merupakan hari yang sama yang ditunjukkan pada teaser). Pada tanggal 23 April, foto teaser Jinyoung dirilis, hal ini menegaskan bahwa teaser itu memang untuk comeback dan bahwa mereka akan kembali pada 6 Mei dengan mini album keempat.

Pada tanggal 5 Desember 2013, WM Entertainment mengumumkan bahwa B1A4 akan mengadakan konser eksklusif ketiga mereka yang berjudul 2014 B1A4 Concert yang akan diselenggarakan pada tanggal 15 dan 16 Februari di Stadion Olympic Handball SK di Olympic Park.

Mereka juga mengumumkan bahwa B1A4 akan melakukan comeback mereka pada awal Januari dengan Who Am I dan single "Lonely". Album ini merupakan album kedua mereka. Album dan video musik dirilis pada 13 Januari 2014 dan penampilan comeback pertama mereka dijadwalkan pada 17 Januari di Music Bank.


Member


Nama : Jung Jin Young (정진영)
Tanggal Lahir : 18 November 1991
Posisi : Leader, Vokalis
Golongan Darah : A
Tinggi : 178cm
Berat : 59kg
Profesi : Penyanyi, Aktor, Penulis lagu

Jinyoung ditemukan di Cyworld melalui foto yang dipostingnya di Cyworld. Dia dilatih selama sekitar 2 tahun untuk menyanyi, menulis lagu, dan akting sebelum bergabung dengan B1A4. Setelah bertahun-tahun pelatihan, Jinyoung terpilih sebagai leader B1A4. Pada tanggal 11 April 2011, WM Entertainment merilis berita B1A4 bersama dengan gambar Jinyoung sebagai anggota pertama yang terungkap. Jinyoung terkenal sebagai penulis lagu untuk sebagian besar lagu B1A4.



Nama : CNU
Nama Asli : Shin Dong Woo (신동우)
Tanggal Lahir : 16 Juni 1991
Posisi : Vocal, Rap
Golongan Darah : A
Tinggi : 182cm
Berat : 64kg
Profesi : Penyanyi, Rapper

CNU bergabung sebagai vokalis dan rapper dari B1A4 . Pada tanggal 11 April 2011, WM Entertainment mengungkapkan CNU sebagai anggota terakhir setelah merilis berita B1A4 bersama dengan foto Jinyoung, Baro, Gongchan dan Sandeul.



Nama : Sandeul
Nama Asli : Lee Jung Hwan (이정환)
Posisi : Main Vocal
Tanggal Lahir : 20 Maret 1992
Golongan Darah : A
Tinggi : 178cm
Berat : 62kg
Profesi : Penyanyi, Aktor

Sandeul dikenal telah berkompetisi di berbagai kontes menyanyi sebelum pelatihan dan debutnya. Sandeul didekati oleh agen perusahaan setelah menampilkan sebuah lagu dari Kim Yeon-woo di talent show. Dia kemudian menjalani masa pelatihan dua tahun. Pada tanggal 11 April 2011, WM Entertainment mengungkapkan Sandeul sebagai anggota keempat yang akan terungkap setelah merilis berita B1A4.



Nama : Baro
Nama Asli : Cha Sun Woo (차선우)
Posisi : Rapper
Golongan Darah : B
Tanggal Lahir : 05 September 1992
Tinggi : 178cm
Berat : 63cm
Profesi : Penyanyi, Rapper, Aktor

Baro pertama kali ditemukan oleh seorang perwakilan perusahaan yang melihat fotonya diposting pada homepage temannya pada layanan jejaring sosial Cyworld. Pada saat audisi, Baro menyanyikan lagu Sumi Jo "Once I Leave" dan Sung Si Kyung "The Road to Me", selain rap dan beatboxing. Baro kemudian mulai pelatihan selama minimal 2 tahun.



Nama : Gong Chan Shik (공찬식)
Posisi : Vocals, Maknae
Tanggal Lahir : 14 Agustus 1993
Tanggal Lahir : A
Tinggi : 181cm
Berat : 60kg
Profesi : Penyanyi

Gongchan juga ditemukan di Cyworld setelah kemenangannya dari "Eoljjang Challenge" ketika ia masih di sekolah menengah. Dia juga merupakan runner-up dalam kontes cross-dressing, di mana ia menari untuk lagu solois Ivy. Dia kemudian menjalani masa pelatihan dua tahun. Gongchan bergabung sebagai vokalis dan maknae dari B1A4.


TV Series

2012 : MBC The Thousandth Man - JinYoung
2012 : KBS2 I Need a Fairy - CNU
2013 : tvN She Is Wow - JinYoung
2013 : tvN Reply 1994 - Baro
2013 : jTBC Can't Take it Anymore (더 이상은 못 참아'에서)
2014 : SBS God's Gift - 14 Days - Baro


Movies

2014 : Miss Granny - JinYoung


Variety Shows

MBC Idol Athletics Championships
SBS MTV Let Me Show
SBS MTV Match Up
MBC Every1 Weekly Idol
MBC Idol Athletics and Swimming Championships
SBS MTV Special B1A4 Selca Diary'
SBS 1000 Song Challenge (CNU, JinYoung, Gongchan and Sandeul)
MBC Quiz to Change the World (CNU, Baro)
KBS Joy Hug – Baro and Sandeul
MBC Every1 Weekly Idol
KBS2 1 vs 100 (Sandeul)
Mnet Wide Entertainment News - B1A4 Sesame Player
KBS Joy B1A4 Hello Baby Season 6
Immortal Song 2
All The KPop
KBS Hello Counselor
KBS Let's Go Dream Team
KBS Mamma Mia (Sandeul)
KBS Yoo Hee Yeol's Sketchbook
JTBC Hidden Singer
tvN Taxi
KBS Crisis Escape No.1
MBC Radio Star
SBS Running Man
MBC "Celebrity Splash"


Music Videos

Frozen - Shin Bora (CNU)
One Year - Zia (Baro)
Delight - Yoo Ji Ae (Baro)
Some - Soyou & JunggiGo (Baro)


Penghargaan

2011
SBS MTV Best Of the Best : Hot Debut Star
26th Golden Disk Awards : Best Newcomer Award
21st Seoul Music Awards : Best Newcomer Award
Japan's K-Pop Lovers! Awards 2011 : Rookie of the Year
Wave K's Super Rookies : Super Rookies for 2012
Germany's So-Loved Awards 2011 : Newcomer Male

2012
Gaon Chart Awards : Best Male Newcomer
Asia Song Festival : New Asian Artist

2013
Japan Gold Disc Awards 2013 : New Artist of The Year
Japan Gold Disc Awards 2013 : Best 3 New Artists
27th Golden Disk Awards : Disk Bonsang

2014
Seoul Music Awards : Popularity Award
Seoul Music Awards : Bonsang Award
28th Golden Disk Awards : Disk Bonsang Album


Tidak ada komentar:

Posting Komentar