Laman

12 April 2014

Jay Park


Nama : Park Jaebeom - 박재범
Nama Panggung : Jay Park
Tanggal Lahir : 25 April 1987
Tempat Lahir : Edmonds, Washington, United States
Profesi : Penyanyi, Dancer, Rapper, Penulis Lagu, Aktor, Koreografi

Jay Park awalnya adalah leader dari grup 2PM, setelah sebelumnya menjadi trainee selama empat tahun dibawah JYP Entertainment. Pada bulan September 2009, dia pulang ke Seattle setelah komentarnya tentang Korea pada tahun 2005 dibocorkan oleh seorang netizen yang meng-hack akun Myspace pribadinya. Komentarnya tersebut kemudian disalah artikan oleh media Korea. Awal tahun 2010, Jay Park memutuskan untuk meninggalkan grup.

Pada bulan Maret 2010, Jay Park mengupload video cover BoB “Nothin' on You” dengan lirik dan rap yang ditulisnya sendiri, ke Youtube. Video ini mencapai lebih dari 2.000.000 views dalam waktu kurang dari 24 jam. Bulan Juli 2010, dia menandatangani kontrak dengan SidusHQ dan memulai debutnya sebagai penyanyi solo dan aktor. Lagu cover BoB “Nothin' on You” yang pernah diuploadnya itu dirilis sebagai single pertamanya Count on Me, yang debut di nomor satu di Gaon Chart.

Tahun 2011, Jay Park merilis Mini Album pertama 'Take a Deeper Look' dan mendapatkan multi-platinum di Korea Selatan. Jay Park menjadi artis pertama yang pernah dinobatkan sebagai pemenang di panggung debutnya dengan memenangkan di KBS Music Bank dengan "Abandoned", dan merupakan satu-satunya artis solo yang memenangkan "Record of the Year" pada 2011 Golden Disk Awards. Kemudian pada tahun 2011, Jay Park merilis single “Demon”, “Girlfriend”, dan "Star".

Pada bulan Februari 2012, Jay Park merilis album pertamanya, New Breed, dan dengan cepat mengisi chart di Korea Selatan dan internasional, dan mendapatkan multi-platinum dalam waktu kurang dari seminggu. Jay Park juga merilis English mixtape, Fresh Air: Breathe It, yang menjadi mixtape pertama oleh seorang seniman Asia yang memiliki status emas dengan melebihi 100.000 download di DatPiff. Setelah merilis New Breed pada tahun 2012, Jay Park sukses menggelar konser solo pertamanya di Seoul, serta memulai tur sekitar Asia dan Australia. Pada tahun 2012, Jay Park kembali ke KBS Immortal Song 2, menjadi anggota panel tetap pada MBC Come to Play, dan host TVN's Saturday Night Live Korea. Jay Park juga menjadi anggota cor permanen dari Saturday Night Live Korea pada awal 2013.


Films

2010 : Hype Nation 3D - sebagai Darkness
2011 : Mr. Idol - sebagai Jio


Variety Shows

Mnet Hot Blood Men
MBC Idol Show
SBS Star King
KBS2 Sang Sang Plus
MBC Introducing a Star's Friend
KBS2 I Have An Uncle
Mnet Wild Bunny
MBC Nodaji
KBS Star Golden Bell
tvN Dream Special
KBS Guerilla Date
MBC Dramatic
KBS Lee So-ra's Second Proposal
KBS Immortal Song 2
KBS Hello Baby
KBS Happy Together
tvN Taxi
KBS Hello
KBS Gag Concert
Y-Star Bus Star
MBC Weekly Idol
JTBC Made in U
Mnet Yoon Do Hyun's MUST
MBC Vampire Idol Played
Mnet The Beatle Code 2
SBS You & I
MBC Music & Lyrics
MBC Music Show Champion
KBS Dream Team 2
MBC Come To Play
tvN Saturday Night Live Korea
JTBC Patti Kim Show
MBC Music Haha's 19TV Mutiny
Mnet Wide Open Studio
MBC Radio Star


Penghargaan

2010
Naver Most Popular Search : Male Solo

2011
Mashable Awards : Best Web Video

2012
Golden Disk Awards : Take a Deeper Look “Disk Bonsang (Record of the Year)”
Asia Model Awards : Popular Artist Award

2013
Korean Music Awards : Musician of the Year “Jay Park”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar