Laman

14 Desember 2012

Max Changmin


Nama : Max Changmin
Nama Asli : Shim Changmin - 심창민
Tanggal Lahir : 18 Februari 1988
Tempat Lahir : Seoul, Korea Selatan
Posisi : Lead Vocalist, Maknae
Profesi : Penyanyi, Penari, Penulis lagu, Model, Aktor
Pendidikan : Seoul's Kyung Hee University
Grup : TVXQ, SM Town

Changmin lahir dan dibesarkan di Seoul, Korea Selatan. Dia adalah putra sulung dari guru, dan memiliki dua adik perempuan, Shim Soo-yeon dan Shim Ji-yeon. Changmin dan keluarganya adalah penganut Buddha. Ketika ia masih di sekolah menengah, Changmin ditemukan oleh seorang pencari bakat saat bermain bulu tangkis selama pelajaran olahraga. Dia direkomendasikan untuk mengikuti audisi SM Entertainment, tapi Changmin tidak tertarik menjadi seorang penyanyi. Namun, Ibunya yang ingin berkesempatan untuk bertemu BoA, mendesak Changmin untuk menghadiri casting audisi. Tiga hari setelah audisi, SM memanggil Changmin untuk audisi kedua, dan ia lulus dengan sukses. Pada saat itu, Changmin telah mengikuti audisi tanpa sepengetahuan ayahnya. Setelah memenangkan penghargaan Best Singer dan Best Artist di kontes 6th Annual Youth Competition, Changmin menandatangani kontrak dengan perusahaan.

Changmin bersama dengan U-Know Yunho, Jaejoong, Yoochun, dan Junsu memulai debutnya pada tanggal 26 Desember 2003 dalam acara showcase BoA dan Britney Spears dengan menampilkan single Hug.

Pada 4 Februari 2014, SM Entertainment mengungkapkan bahwa SM The Ballad akan membuat comeback dengan anggota baru, Changmin menjadi salah satu dari mereka. Dia akan menyanyi berduet dengan Krystal f(x) dalam lagu Breath versi Jepang.

Pada tahun 2010, Changmin tampil sebagai cameo dalam drama Athena : Goddess of War untuk empat episode sebagai spesialis peledak NIS, Choi TaeHyun.

Pada tahun 2011, Changmin berperan dalam drama "Paradise Ranch" bersama Lee Yeon Hee. Ia juga mengisi lagu soundtrack untuk rilis Jepang "Paradise Ranch".

Pada tahun 2012, Changmin, bersama dengan Yunho, membintangi film dokumenter SM I AM. Film dokumenter tentang TVXQ dan artis SM lainnya untuk menjadi artis Asia pertama yang tampil di Madison Square Garden, serta perjalanan Changmin dan Yunho sampai ke titik itu, termasuk rekaman arsip, wawancara refleksi, dan latihan.

SM Entertainment mengungkapkan pada tanggal 2 Februari 2012, bahwa Changmin berperan dalam salah satu film Jepang Fly With Gold berdasarkan novel karya Takamura Kaoru dan menjadi film pertamanya. Dia berperan sebagai Momo, mata-mata Korea Utara yang menyamar sebagai seorang mahasiswa teknik. Ia telah dipuji karena dialek Osakanya, yang meskipun mudah dipahami sangat sulit untuk berbicara, dalam film, terutama oleh sutradara Izutsu Kazuyuki. Changmin dinominasikan untuk "Newcomer Award" di ajang bergengsi tahunan 37th annual Hochi Film Awards di Jepang, untuk perannya dalam film. Changmin adalah artis Korea pertama yang dicalonkan. Pada 21 Januari 2013 diumumkan bahwa Changmin telah memenangkan 36th Japanese Academy Award untuk kategori Newcomer of the Year, untuk perannya di Fly Dengan Gold.

Pada tanggal 24 Desember 2012 diumumkan bahwa Changmin akan menjadi co-hosting variety show baru KBS bersama dengan Kang Ho Dong. Dia dikenal karena kecerdasannya dan komentar cepatnya, acara ini menandai pengalaman pertama Changmin sebagai MC tetap dan comeback resmi Kang Ho Dong untuk KBS. Pada 4 Januari 2013, diungkapkan oleh KBS judul telah berubah dari judul "I Like You, Night of Meeting" menjadi Prince. Episode pertama ditayangkan pada tanggal 22 Januari 2013 dan berakhir pada delapan episode tanggal 12 Maret 2013.

Pada tanggal 25 Maret 2013 anggota staf di divisi hiburan KBS bahwa Kang Ho Dong, Lee Soo Geun, dan Kim Byung Man akan membintangi sebagai MC untuk sebuah olahraga baru variety show yang akan menggantikan Moonlight Prince, yaitu Cool Kiz On The Block. Dia juga mengatakan bahwa mereka berharap untuk menambahkan beberapa anggota cast. KBS mengatakan bahwa acara akan mulai syuting pada awal April dan episode pertama akan ditayangkan pada tanggal 9 April. Pada 27 Maret 2013 diumumkan bahwa Changmin telah dipilih sebagai salah satu MC untuk program tersebut. Tayangan perdana pada tanggal 9 April 2013 berada pada posisi nomor satu di timeslot, mengalahkan SBS Hwasin - Controller of the Heart.


TV Series

2005 : Banjun Theater
2006 : Vacation
2010 : Athena: Goddess of War - sebagai Choi Tae Hyun (cameo)
2011 : Paradise Ranch - sebagai Han Dong-joo
2011 : Welcome to the Show - cameo
2013 : Saki - cameo
2014 : Mimi - sebagai Han Min-woo


Films

2012 : I AM
2012 : Fly with the Gold - sebagai Momo
2013 : Make Your Move 3D / Cobu 3D - sebagai Dancer (cameo)


MC/ Host Programs

KBS Moonlight Prince
KBS Cool Kiz On The Block


Songs

Paradise Ranch OST [26 Januari 2011]
Journey - Changmin
Confession (고백)
S.M the Ballad Vol. 2 – Breathe [13 Februari 2014]
Breath (Japanese Version) - Changmin ft. Krystal f(x)


Penghargaan

2013
Japan Academy Awards : Newcomer of the Year "Fly with the Gold"
Japan Film Critics Awards : Best New Artist "Fly with the Gold"
KBS Entertainment Awards : Best Entertainer (Variety) "Cool Kiz On The Block"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar