Laman

14 September 2012

DBSK/ TVXQ


TVXQ, merupakan singkatan dari Tong Vfang Xien Qi (bahasa Tionghoa:東方神起), adalah grup pop asal Korea Selatan yang dibentuk pada tahun 2003 dibawah manajemen SM Entertainment. Penulisan nama mereka sering juga dimodifikasi menjadi TVXQ!. Di Korea Selatan, mereka dikenal dengan nama Dong Bang Shin Ki (동방신기), atau sering juga disingkat menjadi DBSK; dan di Jepang, mereka dikenal dengan nama Tohoshinki (東方神起). Arti dari nama mereka dalam 3 bahasa semuanya berarti "Dewa-Dewa yang Terbit dari Timur"

TVXQ memulai debutnya pada tanggal 26 Desember 2003 dalam pertunjukkan BoA dan Britney Spears, dimana mereka membawakan singel debut mereka yang berjudul "Hug" dan versi a capella dari lagu "O Holy Night" bersama BoA. Grup ini akhirnya merilis singel debut mereka, "Hug", pada 14 Januari 2004 yang berhasil mencapai peringkat ke-4 tangga lagu bulanan dan terjual sebanyak 169.532 kopi, membuatnya menjadi rekor penjualan terbaik ke-14 tahun itu. Singel kedua mereka, "The Way U Are" (Juli 2004), berhasil menempati peringkat ke-2 dalam berbagai tangga lagu musik, membuatnya menjadi rekor penjualan terbaik ke-9 tahun itu, dengan total penjualan sebanyak 214.069 kopi. TVXQ merilis album debut mereka, Tri-Angle, pada Oktober 2004. Tri-Angle pun berhasil menempati peringkat 1 berbagai tangga lagu musik Korea dan terjual sebanyak 242.580 kopi, membuatnya menjadi rekor penjualan terbaik ke-8 tahun itu.

TTerinspirasi oleh keberhasilan karir musik BoA di Jepang, TVXQ mengikutinya dengan penandatanganan dengan Avex sub-label Rhythm Zona pada akhir 2004. Di Jepang mereka diperkenalkan sebagai Tohoshinki (东方神起), TVXQ merilis single debut Jepang "Stay with Me Tonight" di April 2005. Single ini mencapai ke nomor tiga puluh tujuh pada chart mingguan Oricon. Sebelum kembali ke Korea untuk mempersiapkan album kedua mereka di Korea Rising Sun, TVXQ merilis single Jepang kedua mereka "Somebody to Love" pada bulan Juli 2005, yang memuncak di nomor empat belas. Debut TVXQ di Jepang tidak sesukses yang manajemen mereka harapkan. Pada bulan Agustus 2005, TVXQ tampil dalam acara tahunan Avex A-Nation tur konser musim panas, ini merupakan festival musik pertama mereka di Jepang.

Tanggal 12 September 2005, TVXQ merilis album Korea kedua, Rising Sun. Lagu ini debut di nomor satu di tangga lagu Korea dan merupakan rekor penjualan terbaik keempat pada tahun 2005. Singel utama dari album mereka "Rising Sun" menjadi hit yang populer. Rising Sun mengumpulkan beberapa penghargaan popularitas pada akhir tahun, termasuk M.net KM Music Video Festival's Best Popular Music Video award, mendapatkan penghargaan Daesang ("hadiah utama").

TVXQ mengakhiri tahun dengan merilis dua single lainnya, yaitu single Jepang ketiga "My Destiny" dan single maxi Korea "Show Me Your Love", yang menampilkan Super Junior. Single terakhir masuk tangga lagu Korea di nomor satu.

Pada bulan Februari 2006, TVXQ memulai tur konser pertama mereka "1st Asia Tour: Rising Sun". Tur dimulai dengan empat pertunjukan di Seoul, Korea Selatan. Pada tanggal 14 Juli 2006 mereka mengadakan konser di Kuala Lumpur, Malaysia, di mana TVXQ adalah artis Korea pertama yang menggelar konser di negara tersebut. Tur kedua dan terakhir di luar negeri berada di Bangkok, Thailand pada 15 Juli 2006.

Setelah menyelesaikan tor konser, TVXQ melanjutkan dengan kembali merilis single Jepang. Mereka juga mengadakan tur Jepang pertama mereka, 1st Live Tour 2006: Heart, Mind and Soul. TVXQ melanjutkan kegiatan Korea mereka dengan merilis album Korea ketiga mereka, "O"-Jung.Ban.Hap" pada tanggal 29 September 2006. Album ini masuk tangga lagu Korea di #1 dan menjadi rekor terlaris tahun 2006 satu bulan setelah rilis.

Keberhasilan album TVXQ memberikan empat penghargaan utama pada tahun 2006, yaitu di M.net KM Music Festival, mereka menerima empat penghargaan, termasuk Artist of the Year dan Best Group. Mereka juga memenangkan tiga dari nominasi mereka di 16th Seoul Music Awards, dan pada 21st Golden Disk Awards, "O"-Jung.Ban.Hap memenangkan Album of the Year, hadiah utama acara penghargaan itu. TVXQ juga membawa pulang penghargaan terbesar di SBS Gayo Daejeon. Album ini juga mendapatkan keberhasilan internasional, mereka memenangkan penghargaan pertama mereka di Jepang, the Bess Buzz Asia in Korea award di MTV Video Music Awards Jepang.

TVXQ merupakan salah satu artis Asia tersukses yang pernah ada. TVXQ telah diberi gelar sebagai "Bintang Asia" dan "Raja Korean Pop dan Hallyu Wave" dikarenakan oleh kesuksesan dan kontribusinya yang begitu besar terhadap Korean pop. Semenjak debut mereka, TVXQ telah merilis 5 album Korea, 5 album Jepang, hingga lebih dari 20 singel Korea dan 30 singel Jepang. Berdasarkan tangga lagu musik Gaon, hingga Maret 2012, TVXQ telah berhasil menjual lebih dari 10,1 juta kopi album, singel, dan DVD selama karir mereka di Korea dan Jepang, dan ini tidak termasuk penjualan album dari negara lainnya di Asia maupun internasional. Setelah memperoleh popularitas yang begitu besar, TVXQ juga disebut-sebut telah menjual lebih dari 20 juta kopi album, singel, DVD, hingga buku terbitan mereka sendiri di seluruh dunia. Ini membuat TVXQ menjadi artis Korea tersukses di Asia bahkan seluruh dunia hingga saat ini. Album TVXQ, Best Selection 2010 telah memecahkan berbagai rekor sebagai artis asing pria pertama yang berhasil meraih angka penjualan sebanyak 700.000 di Jepang. TVXQ memiliki dua fanclub resmi di Korea dan di Jepang, yang dikenal baik dengan nama Cassiopeia dan BigEast, dimana fanclub ini pernah tercatat dalam Guinness World Record pada tahun 2008 dikarenakan oleh jumlah anggotanya yang begitu banyak dan dikenal sebagai salah satu fanclub terbesar di dunia dengan 1,5 juta fans di Asia dan 5,5 juta di seluruh dunia.

TVXQ menempati puncak tangga lagu mingguan Oricon sebanyak 9 kali, termasuk singel terbaru mereka saat itu, "Keep Your Head Down" dari album dengan nama yang sama di Jepang yang telah memperpanjang rekor mereka sebagai artis asing dengan singel paling banyak menempati peringkat pertama di Jepang. Pada tahun 1968, untuk pertama kalinya terjadi di Oricon, jumlah penjualan singel dari seorang artis asing pernah tercatat mencapai lebih dari 200.000 kopi dalam satu minggu. Hal yang sama terjadi kembali, kali ini lebih banyak, saat TVXQ menjual lebih dari 256.000 unit singel mereka yang berjudul "Break Out!".

Pada Juli 2009, 3 anggota TVXQ (Jaejoong, Yoochun, dan Junsu) menuntut manajemen Korea mereka, SM Entertainment, ke meja pengadilan. Hal ini menyebabkan segala aktivitas publik dan kemunculan TVXQ setelah tahun 2009 terhenti. Setelah sempat hiatus selama 2 tahun 3 bulan, TVXQ kembali muncul ke dunia industri musik sebagai duo yang terdiri dari Yunho dan Changmin.

Pada tahun 2011, TVXQ kembali ke dunia industri musik sebagai duo dan merilis album pop Korea mereka, Keep Your Head Down, yang menempati peringkat ke-1 tangga lagu musik Gaon selama 2 minggu setelah rilis. Album studio Jepang mereka, TONE, dirilis pada 28 September 2011, dan berhasil menjual sekitar 205.000 kopi dalam satu minggu dan meraih peringkat ke-1 dalam tangga lagu mingguan maupun bulanan Oricon. Semenjak kemunculan mereka kembali, TVXQ telah menjual lebih dari 1 juta kopi album Korea, album Jepang, dan singel Jepang.

Member
U-Know Yunho
Max Changmin


Mantan Member

Hero Jaejoong
Micky Yoochun
Xiah Junsu


TV Series

2005 : Rainbow Romance - Yunho, Yoochun
2006 : Vacation
2008 : Dating on Earth
2009 : Heading to the Ground - Yunho
2010 : Haru - Yunho
2010 : Chorus City - Yunho
2010 : Athena: Goddess of War - Changmin
2011 : Paradise Ranch - Changmin
2011 : Welcome to the Show - Yunho, Changmin (cameo)
2011 : Poseidon - Yunho (cameo)
2011 : I Live in Cheongdam-dong - Yunho (cameo)
2013 : Queen of Ambition - Yunho
2013 : Saki - Changmin (cameo)
2014 : Mimi - Changmin sebagai Han Min-woo


Films

2012 : I AM
2012 : Fly with the Gold - Changmin sebagai Momo
2013 : Make Your Move 3D / Cobu 3D - Changmin sebagai Dancer (cameo)


Musical Theater

2010 : Goong - Yunho
2012 : Gwanghwamun Love Song - Yunho


Penghargaan

2004
Golden Disk Awards : Newcomer Award "TVXQ"
KBS Music Awards : Artist of the Year "TVXQ"
MBC Gayo Daejejeon : Top Ten Singers Award "Tri-Angle"
MBC Gayo Daejejeon : Best New Artist "Tri-Angle"
Mnet Asian Music Awards : Best New Group "Hug"
SBS Gayo Daejeon : Bonsang - Best Artists "Tri-Angle"
Seoul Music Awards : Bonsang - Best Artists "Tri-Angle"
Seoul Music Awards : Newcomer Award "TVXQ"
Seoul Music Awards : Popularity Award " TVXQ"
KMTV Decision! Popular Song – "Hug"
MBC-TV Music Camp - "Hug"
Seoul Dental Association - Celebrities with Healthy Teeth
Seoul Foreign Correspondents' Club - Foreign Press Public Relations Award for Tri-Angle
Taiwan's HIT FM, ‘Hito Pai Hang Bang’ - First in Album Sales for Tri-Angle
Taiwan's G-MUSIC Feng Yun Bang Asia Music Chart - First in Album Sales for Tri-Angle

2005
KBS Music Awards : Artist of the Year "TVXQ"
Mnet Asian Music Awards : Grand Prize - Best Popular Music Video "Rising Sun"
Mnet Asian Music Awards : People's Choice Award "TVXQ"
Mnet Asian Music Awards : M.net Plus Mobile Popularity Award "TVXQ"
SBS Gayo Daejeon : Bonsang - Best Artists "Rising Sun"
SBS Gayo Daejeon : Popularity Award "TVXQ"

2006
Golden Disk Awards : Grand Prize – Album of the Year "O"-Jung.Ban.Hap.
Golden Disk Awards : Golden Disk Award – Album Division "O"-Jung.Ban.Hap.
Mnet Asian Music Awards : Grand Prize – Artist of the Year "O"-Jung.Ban.Hap.
Mnet Asian Music Awards : Best Group "O"-Jung.Ban.Hap.
Mnet Asian Music Awards : M.net Choice "TVXQ"
Mnet Asian Music Awards : M.net Plus Mobile Popularity Award "TVXQ"
SBS Gayo Daejeon : Grand Prize – Artist of the Year "O"-Jung.Ban.Hap.
SBS Gayo Daejeon : Bonsang – Best Artists "O"-Jung.Ban.Hap.
Seoul Music Awards : Grand Prize – Artist of the Year "O"-Jung.Ban.Hap.
Seoul Music Awards : Bonsang – Best Artists "O"-Jung.Ban.Hap.
Seoul Music Awards : Popularity Award "TVXQ"
Thailand Channel [V] MV Awards : Popular Music Video "Rising Sun"
Thailand Channel [V] MV Awards : Popular Asian Artist "TVXQ"
Thailaind Virgin Hitz Awards : Popular Vote Asia Artist "TVXQ"

2007
Korean Entertainment Awards : Overseas Popularity Award "TVXQ"
Best Hits Japan : Gold Artist Award "Tohosinki"
MTV Video Music Awards Japan : Best Buzz – South Korea "O"-Jung.Ban.Hap.
Thailand SEED Awards : Best Asian Singer Award "TVXQ"

2008
Golden Disk Awards : Grand Prize – Album of the Year "Mirotic"
Golden Disk Awards : Golden Disk Award – Album Division "Mirotic"
Golden Disk Awards : Yepp Popularity Award "Mirotic"
Korean Entertainment Awards : Most Popular Group "TVXQ"
Mnet Asian Music Awards : Auction Best Style Award "TVXQ"
Mnet Asian Music Awards : Mnet Plus Mobile Popularity Award "TVXQ"
Mnet Asian Music Awards : Auction Netizen's Choice Award "TVXQ"
Mnet Asian Music Awards : Oversees Viewers Award "TVXQ"
Best Hits Japan : Gold Artist Award "Tohosinki"
Japan Record Awards : Gold Award "Tohosinki"
MTV Video Music Awards Japan : Best Collaboration Video "Last Angel"
5th Asian Song Festival – Asia's Top Singer Award

2009
MelOn Music Awards : Star "TVXQ"
MelOn Music Awards : Mania "Mirotic"
Mnet Asian Music Awards : Best Asia Star "TVXQ"
Seoul Music Awards : Bonsang – Best Artists "Mirotic"
Seoul Music Awards : Popular Mobile Award "TVXQ"
Best Hits Japan : Gold Artist Award "Tohosinki"
Japan Record Awards : Musical Excellence Award "Tohosinki"
Thailand Channel [V] MV Awards : Popular Asian Artist "TVXQ"
Thailand SEED Awards : Best Asian Artist of the Year "Mirotic"
Korea Entertainment Producers Association - The Culture Sports Tourism Recognition Award

2010
Japan Gold Disc Awards : Best Music Videos (Inter.) " All About TOHOSHINKI season 3"
MTV Video Music Awards Japan : Best Group Video "Share the World" (from Best Selection 2010)

2011
Korea Broadcasting Awards : Best Singer "Keep Your Head Down"
MBC Entertainment Awards : K-pop Concert "TVXQ"
SBS MTV Best of the Best Awards : Artist of the Year "Keep Your Head Down"
Japan Gold Disc Awards : Best Top 5 Albums "Best Selection 2010"
Japan Gold Disc Awards : Best Music Videos "TOHOSHINKI Video Clip Collection"
Japan Internet Music Festival : Entertainment TV Award "Tohosinki"
Japan Record Awards : Best Song Award "Why? (Keep Your Head Down)"

2012
Gaon Chart K-Pop Awards : Album of the Year – 1st Quarter of 2011 "Keep Your Head Down"
Billboard Japan Music Awards : Top Pop Artist "Tone"
Japan Gold Disc Awards : Best 3 Albums (Asia) "Tone"

2013
Gaon Chart K-Pop Awards : Album of the Year – 4th Quarter of 2012 " Catch Me"
8th Asia Model Awards – Asia Star Award

2014
Japan Gold Disc Awards : Best Asian Artist "Tohosinki"
Japan Gold Disc Awards : Album of the Year (Asia) "Time"
Japan Gold Disc Awards : Best 3 Albums (Asia) "Time"
Japan Gold Disc Awards : Song of the Year by Download (Asia) "Catch Me -If you wanna-"
Japan Gold Disc Awards : Best Music Videos "Tohoshinki LIVE TOUR 2013 ~TIME~"






Tidak ada komentar:

Posting Komentar