Laman

14 Desember 2012

U-Know YunHo


Nama : U-Know Yunho - 유노윤호
Nama Asli : Jung Yunho - 정윤호
Tanggal Lahir : 6 Februari 1986
Tempat Lahir : Gwangju, Korea Selatan
Posisi : Leader, Rapper, Lead Dance
Profesi : Penyanyi, Penari, Rapper, Model, Aktor
Pendidikan : Myongji University, Chungwoon University
Grup : TVXQ, SM Town

Yunho dilahirkan dan dibesarkan di Gwangju, Korea Selatan, dan memiliki satu adik perempuan, Jung Ji-hye. Beberapa anggota keluarga Yunho bekerja di industri hukum, dan mimpi masa kecil Yunho sendiri adalah untuk menjadi jaksa. Ketika ia masih di sekolah menengah, Yunho mengikuti berbagai kompetisi menyanyi dan kompetisi tari di seluruh negeri untuk mendapatkan hadiah uang untuk mendukung keluarganya, yang sangat menderita dari krisis keuangan Asia tahun 1997. Setelah memenangkan hadiah pada acara the 1st Annual SM Best Competition in 1999, Yunho menandatangani kontrak dengan SM Entertainment. Dia secara resmi memulai pelatihan pada tahun 2000.

Untuk mempertahankan hidupnya sebagai trainee di Seoul, Yunho mengambil berbagai pekerjaan paruh waktu di kota, seperti bekerja membersihkan salju di pagi hari dan sebagai pelayan di malam hari. Yunho juga pernah menjadi tunawisma untuk jangka waktu tertentu karena tidak mampu membayar perumahan yang layak. Dia menghabiskan sebagian besar liburan sekolahnya untuk mengikuti pelatihan di Seoul. Beberapa waktu kemudian, Yunho menderita ketidakseimbangan hormon di tenggorokannya dan menjalani operasi, yang mempengaruhi pita suaranya. Setelah kehilangan suaranya, Yunho dianggap menyerah pada pelatihannya.

Sepanjang tahun-tahunnya sebagai trainee, Yunho pernah bergabung dalam empat kelompok sementara, namun semua grup tersebut dibubarkan. Pada akhir tahun 2001, pada usia lima belas tahun, Yunho tampil sebagai rapper dan penari cadangan dalam debut solo Dana "Diamond", dan mengikuti tur singkatnya. Sekitar tahun 2002, Yunho terpilih menjadi penari cadangan untuk Shinhwa dan dipilih untuk menjadi bagian dari project group Four Seasons, yang juga terdiri dari sesama trainee Jaejoong, Heechul, dan Kangin. Namun, grup ini dibubarkan. Pada awal 2003, Yunho dan Jaejoong TVXQ bergabung dan Yunho diangkat sebagai pemimpin grup itu.

Yunho bersama dengan Max Changmin, Jaejoong, Yoochun, dan Junsu memulai debutnya pada tanggal 26 Desember 2003 dalam acara showcase BoA dan Britney Spears dengan menampilkan single Hug.

Pada bulan Juli 2009, Jaejoong, Yoochun, dan Junsu berusaha untuk berpisah dengan agensi mereka SM Entertainment. Kegiatan TVXQ di Korea segera berhenti setelah Oktober 2009, tapi grup ini terus merilis single Jepang di bawah Rhythm Zona hingga Maret 2010. Tiga anggota resmi meninggalkan TVXQ pada bulan April 2010, dan membentuk grup mereka sendiri JYJ. Yunho mengalami depresi setelah berpisah dengan JYJ, dan disalahkan oleh fans karena gagal melindungi kelompok.

Pada bulan Maret 2010, selama hiatus TVXQ, Yunho tampil di leg Korea dari konser anumerta Michael Jackson This Is It. Dia dilatih di Los Angeles dan Las Vegas oleh Genevieve Gleary, Morris Pleasure, dan lain-lain yang pernah bekerja sama dengan Michael Jackson. Proyek ini adalah produksi bersama pertama antara Korea dan Amerika Serikat, dan Yunho tampil pada tanggal 27 dan 28 di War Memorial of Korea, Yongsan-dong, Yongsan-gu, Seoul.

Yunho memiliki penampilan akting secara singkat pada beberapa tahun pertama karirnya. Pada tahun 2005 dan 2006, Yunho tampil dengan TVXQ pada mini-drama mereka, Banjun Theater. Ia juga tampil dalam mini-drama TVXQ lainnya " Vacation", dan membintangi episode "Cassiopeia" dengan Go Eun-ah dan Woo Kyung-ah. Yunho membuat penampilan singkat pada episode 62 dan 64 dari Nonstop pada tahun 2006.

Pada tahun 2010, Yunho berperan sebagai Pangeran Shin dalam musikal "Goong". Tiket untuk pertunjukan Yunho terjual habis dalam waktu kurang dari dua menit. Pada bulan September 2010, ia membintangi film untuk promosi pariwisata Korea "Haru : An Unforgettable Day in Korea" sebagai bintang film laga. Yunho juga membintangi "Chorus City" sebuah film tentang Pavilion Republik Korea di EXPO 2010 Shanghai Cina dengan aktris cilik Jun Min-seo dan seniman lainnya.

Pada 2012 Yunho, bersama dengan Changmin, ia membintangi film dokumenter SM I AM. Film dokumenter tentang TVXQ dan artis SM lainnya untuk menjadi artis Asia pertama yang tampil di Madison Square Garden, serta perjalanan Yunho dan Changmin sampai ke titik itu, termasuk rekaman arsip, wawancara refleksi, dan latihan.

Pada bulan September 2012, Yunho berperan dalam musikal Gwanghwamun Sonata , menggambarkan versi muda dari protagonis, Sang-hoon. Musikal ini diatur dalam setingan tahun 80-an, menceritakan kisah Sang-hoon, seorang komposer selama gerakan demokrasi, melalui karakter dua puluh tahun sebelumnya. Yunho juga tampil dalam versi Jepang dari musikal ini pada tanggal 20 dan 21 di Osaka Shinkabukiza. Tiket kedua pertunjukan terjual habis.

Pada Januari 2013, Yunho membintangi drama SBS King of Ambition, yang membuatnya mendapatkan People's Choice : Actor award pada 2013 Seoul International Drama Awards.


TV Series

2005 : Banjun Theater
2006 : Vacation
2006 : Rainbow Romance (cameo)
2009 : Heading to the Ground (Cha Bong-gun)
2010 : Haru: An Unforgettable Day in Korea
2011 : Poseidon (Kang Eun-chul)
2011 : I Live in Cheongdam-dong (cameo)
2011 : Welcome to the Show
2013 : King of Ambition (Baek Do-hoon)
2013 : Saki (cameo)
2013 : Make Your Move 3D (Cameo)
2014 : Determination: 10,000 Hours
2014 : International Market (Cameo)


Films

2012 : I AM.

Musical Theaters

2010 : Goong : Musical - sebagai Putra Mahkota Lee Shin
2012 – 2013 : Gwanghwamun Sonata (Japan) - sebagai Sang Hoon


Songs

TVXQ Discography
Sorry Sorry [12 Maret 2009]
Heartquake - Super Junior ft. U-Know Yunho & Micky Yoochun
Spectrum [11 Agustus 2011]
Spectrum - SM The Performance (U-Know Yunho, Donghae, Eunhyuk, Minho, Taemin, Kai, Lay)


Penghargaan

2012
Barbie the Dream Closet : Barbie & Ken Award

2013
Seoul International Drama Awards : Most Popular Actor – South Korea (King of Ambition)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar