Laman

12 September 2012

Super Junior M


Super Junior M atau sering di sebut SJ-M, adalah sub-grup ke tiga dari grup Super Junior. Sub-grup ini dibentuk pada tahun 2008 di Seoul, Korea Selatan. Grup ini adalah grup musik internasional pertama di industri musik Cina dan Korea. Saat dibentuk grup ini terdiri dari 7 orang yaitu Hangeng (leader), Donghae, Siwon, Ryeowook, Kyuhyun, dan dua anggota tambahan Zhoumi dan Henry.

Awalnya grup ini dikenal dengan naman Super Junior China. Namun, pada tanggal 3 April 2008,  SM Entertainment mengumumkan nama resmi grup ini menjadi Super Junior-M, dengan "M" menunjukkan kata "Mandarin". "M" ini juga bisa menunjukkan yang lainnya, seperti kata pertama dalam album debut mereka, Me, dan juga "mi" (Tionghoa: 迷), pinyin untuk "karismatik" dan "penggemar", mengartikan bahwa mereka tidak akan kehilangan hubungan dengan peggemar.

Pembentukkan sub-grup ini awalnya menimbulkan beberapa kontroversi antara penggemar dan SM Entertainment. E.L.F menolak ada penambahan personil baru dalam grup, bahkan mereka menandatangani petisi online dan slogan "Only 13".

Sejak tanggal 4 April sampai tanggal 7 April 2008 tujuh anggota Super Junior-M diumumkan secara individual kepada media Cina dalam klip trailer pendek. Anggota pertama, Han Geng, diumumkan menjadi pemimpin sub-unit pada tanggal 4 April. Pada tanggal 5 April, Siwon dan Donghae yang diumumkan menjadi anggota kedua dan ketiga. Pada tanggal 6 April, Kyuhyun diumumkan menjadi yang anggota keempat Super Junior-M, setelah itu anggota baru, Henry, sebagai kelima. Ryeowook dan anggota baru lain, Zhou Mi , diumumkan menjadi dua anggota terakhir pada tanggal 7 April.

Super Junior M melakukan debut mereka di Beijing pada tanggal 8 April 2008 di 8th Annual Music Chart Awards, bersamaan dengan perilisan video pertama mereka, "U". Mereka merilis album debut mereka Me 23 April 2008. Album versi korea dengan bonus tiga lagu berbahasa korea di rilis pada tangga; 30 April 2008 di Korea Selatan. Meskipun sebagian besar lagu dalam album itu merupakan remake Mandarin hits Super Junior di Korea sebelumnya, mereka tetap mendapatkan ulasan positif.

Satu bulan setelah debut, Super Junior M memenangkan penghargaan pertama mereka sebagai Asia's Most Popular New Group, pada 5th annual Music King Awards di Macau pada 25 Mei. Pada 27 - 28 Desember, mereka mengadakan konser pertama mereka, The Super Junior M Show, di Hongkong.

Setelah penampilan debut mereka pada April 2008, mereka menjadi tamu yang sukses di berbagai acara hiburan untuk mempromosikan album mereka. Mereka muncul dalam sebuah episode dari musim kedua TVB dan HunanTV, Strictly Come Dancing, yang membuat peringkat acara meningkat menjadi 5,01%, peringkat ketiga acara paling banyak ditonton pernah di seluruh Cina.

Pada bulan Agustus 2008, Hangeng ikut berperan dalam drama televisi idol Stage Of Youth, sebuah mini drama yang didedikasikan untuk Olimpiade Beijing 2008. Hangeng digambarkan sebagai Xia Lei, seorang pemuda yang bercita-cita menjadi penari terkenal. Anggota lain dari Super Junior M juga memberi penampilan cameo di episode terakhir.

Pada September 2009, Super Junior M merilis mini album mereka Super Girl. Album ini memenangkan nominasi untuk Best Vocal Group di  21st Golden Melody Awards.

Desember 2009, Hangeng mengajukan pemutusan kontrak dengan SM Entertainment. Super Junior M segera membatalkan semua kegiatan mereka dan pertunjukkan di Cina dan Taiwan. Mereka kembali ke Korea untuk mempersiapkan album Super Junior keempat. Meskipun Super Junior M tidak aktif, pada tahun 2010 mereka memenangkan beberapa penghargaan untuk lagu mereka "Super Girl" di China's 2010 Music Radio TOP Award, termasuk grup paling populer, Golden Melody Award (TOP 15), dan Best Composition.

Pada Februari 2011, Super Junior M melanjutkan kegiatan mereka dengan penambahan dua anggota baru, Eunhyuk dan Sungmin, dengan merilis Mini Album kedua mereka Perfection.

Pada tahun 2012, Super Junior M melanjutkan aktivitasnya di Cina. Mereka tampil pada 2 Oktober bersama Kim Jang Hoon dan EXO-M di konser spesial memperingati 20 tahun hubungan diplomatik Korea Selatan dan Cina yang diselenggarakan oleh Shanghai Media Group. Pada 7 Januari 2013, Super Junior M merilis album studio kedua mereka, Break Down.

Member

Hangeng (Quit)
Sungmin
Eunhyuk
Zhou Mi
Donghae
Siwon
Ryeowook
Kyuhyun
Henry

TV Series
2009 : Stage of Youth - Hangeng as main actor and the rest of members as Cameos
2011 : Extravagant Challenge - Siwon & Donghae
2011 : Youth Melody - Zhou Mi
2012 : If We Can Return to The Past - Siwon


Penghargaan
2008
Southeast Explosive Music Chart Awards : Most Popular Group
China Tencent Stars Magnificent Ceremony : Mainland's Best Group
Music King Awards : Asia's Most Popular New Group
CCTV-MTV Music Awards : Mainland's Best Group
CCTV 2008 Chinese Entertainment Awards : Mainland's Best Album "Me"
CCTV 2008 Chinese Entertainment Awards : Mainland's Most Popular Group

2009
China Digital Music Awards : Most Downloaded Overseas Singer "Super Girl"

2010
China Music Festival : Most Popular Group
China Music Festival : Golden Melody Award (Album Award) "Super Girl"
China Music Festival : Composer Award "Super Girl (Yoo Young Jin)"
China MusicRadio Top Awards : Most Popular Group

2011
Global Chinese Golden Chart Awards : Most Popular Group of The Year
Global Chinese Golden Chart Awards : Best Male Group
Singapore Hit Awards : Best Male Group

2012
Singapore's e-Awards : Most Popular Group
Taiwan HITO Music Awards : Most Popular Group
Yahoo! Asia Buzz Awards : Taiwan's Top Searched Artist

2013
Singapore's e-Awards : UFM 100.3 Most Popular Song "S.O.L.O"
Taiwan HITO Music Awards : Best Drama OST "S.O.L.O"
Baidu Awards : Best Group Award


Super Junior M Discography





Tidak ada komentar:

Posting Komentar